Berikut Beberapa Faktor Penyebab Menstruasi Terlambat yang Perlu Diketahui

Berikut Beberapa Faktor Penyebab Menstruasi Terlambat yang Perlu Diketahui

Salah satu tanda kehamilan salah satunya memang ditandai dengan menstruasi terlambat. Pasalnya ini memang tanda umum untuk wanita hamil. Namun demikian, hal ini juga tidak berarti bahwa apabila menstruasi datang terlambat, wanita yang bersangkutan pasti sedang hamil. Keterlambatan menstruasi juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sedang Mengalami Stres

Salah satu faktor penyebab terlambatnya siklus menstruasi adalah ketika sedang mengalami stres. Apabila seorang wanita sedang mengalami stres, hal ini dapat berpengaruh terhadap siklus datang bulannya. Hal ini karena pada saat mengalami stres, kerja hipotalamus akan menjadi terganggu.

Hipotalamus sendiri adalah bagian dari otak yang memiliki fungsi dalam mengatur siklus tersebut. Lebih dari itu, sebenarnya stres tidak hanya mengganggu siklus bulanan ini. Stres juga dapat menyebabkan bobot tubuh mengalami kenaikan dan penurunan secara drastis. Hal ini pada gilirannya juga dapat berpengaruh terhadap keterlambatan datangnya menstruasi pada wanita.

Beberapa cara untuk mengatasi menstruasi yang datang terlambat karena stres ini di antaranya dapat dilakukan dengan teknik relaksasi. Selain itu, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur serta memperbanyak olahraga juga dapat mengatasi pengaruh negatif stres.

  1. Mengalami Obesitas

Faktor lainnya adalah penambahan berat badan cukup tinggi yang disebut sebagai obesitas. Obesitas dapat mengakibatkan perubahan hormonal pada seorang wanita. Salah satu cara untuk mengatasi keterlambatan menstruasi karena obesitas ini adalah dengan melakukan pengaturan makanan dimana terdapat cukup banyak komposisi serat. Olahraga teratur juga cukup efektif untuk mengatasi hal ini.

  1. Penurunan Berat Badan

Selain dua faktor di atas, keterlambatan datang bulan juga bisa disebabkan oleh beberapa problem kesehatan seperti bulimia dan anoreksia. Dalam hal ini, seseorang yang mengalami penurunan lebih dari 10 persen dari berat badan idealnya maka fungsi tubuhnya akan terganggu.

Untuk mengatasi keterlambatan datang bulan karena problem seperti ini, sebaiknya diusahakan untuk mengobati problem tersebut terlebih dahulu. Kemudian secara pelan-pelan dan bertahap mulai menaikkan berat badan secara sehat sehingga dicapai berat tubuh yang ideal. Dengan demikian maka siklus haid akan menjadi lancar lagi seperti sebelumnya.

  1. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi, seperti misalnya mengonsumsi pil KB, menyebabkan indung telur terhalang untuk melakukan pelepasan sel telur. Hal inilah yang mengakibatkan siklus haid menjadi tidak teratur. Setidaknya dibutuhkan waktu selama 6 bulan setelah menghentikan penggunaan pil KB agar periode haid menjadi normal seperti sedia kala.

Demikianlah beberapa faktor penyebab menstruasi terlambat. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menerapkan hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, dan beristirahat yang cukup. Juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs charmgirlstalk.com. Di dalamnya terdapat banyak informasi mengenai kewanitaan yang dibutuhkan.