September 26, 2021 1:51 pm
Aplikasi Pembukuan Yang Mantap Untuk UMKM

Aplikasi Pembukuan Yang Mantap Untuk UMKM

Ada berbagai jenis laporan keuangan tahunan dan tentu saja masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri. Jika Anda seorang pengusaha, Anda juga harus memahami jenis-jenis laporan keuangan untuk diterapkan pada bisnis Anda. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pembukuan yang memang dirancang untuk memudahkan rancangan pembukuan.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Laporan Keuangan merupakan salah satu hal terpenting dalam keberlangsungan bisnis yang disusun berdasarkan alur transaksi yang terjadi. Setiap perusahaan biasanya memiliki rincian keuangan mereka masing-masing yang ditetapkan secara tepat dan rinci dalam laporan keuangannya yang harus dipahami oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Jika melihat arti kata-kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) itu tertulis, laporan berarti informasi atau pesan dan keuangan berarti segala macam pembiayaan. Dalam hal laporan keuangan, salah satu pengertiannya adalah penyajian laporan keuangan atau data yang memuat berbagai rincian yang relevan.

Tujuan penyusunan laporan keuangan adalah untuk menyampaikan sumber daya ekonomi (aset) dan/atau kewajiban perusahaan dari waktu ke waktu yang menunjukkan keadaan keuangan perusahaan yang bisa dibuat secara manual atau memanfaatkan aplikasi pembukuan.

Pentingnya Laporan Keuangan

Perkembangan perusahaan bukan hanya berfokus pada kebijakan, rencana, dan lainnya. untuk melihat apakah rencana yang dijalankan berhasil mulai dari promosi, pengembangan produk, dll berhasil bisa dilihat dari laporan keuangan. Ini karena laporan keuangan sangat komprehensif yang memperhitungkan arus kas, penjualan, dan neraca.

Laporan keuangan menentukan apakah perusahaan dapat membayar hutangnya kembali, apakah mampu menarik investor, apakah likuid, dll. Ini juga memberi tahu Anda di mana perusahaan menghasilkan uang dan ke mana uang itu pergi. Laporan keuangan menunjukkan apakah bisnis Anda menguntungkan, atau adanya masalah misalnya terjadi penurunan penjualan sehingga mengalami kerugian.

Lembaga keuangan seperti bank atau lembaga peminjam juga membutuhkan laporan keuangan perusahaan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam mengelola dana yang dipinjam dan membayarnya kembali beserta bunganya sebelum jatuh tempo. Ada banyak hal yang dapat dinilai dari laporan keuangan. Meskipun begitu, aplikasi pembukuan seperti Moodah akan dapat membantu Anda menyusun laporan keuangan dengan mudah dan cepat.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *