September 26, 2021 11:41 am
5 Tips Memilih Susu Tinggi Protein untuk Anak Usia di Bawah 5 Tahun

5 Tips Memilih Susu Tinggi Protein untuk Anak Usia di Bawah 5 Tahun

Pada Bayi dibawah usia 2 tahun atau masih dalam masa menyusui sebagian belum mengonsumsi susu formula dan hanya diberi ASI. Namun pada bayi yang tidak mendapatkan ASI dan  jika kebutuhan gizi dan nutrinya belum tercukupi, orang tua bisa menggantinya dengan susu tinggi protein.

Susu formula balita tersebut bisa diberikan pada bayi baru lahir hingga usia 5 untuk mendukung masa pertumbuhannya. Berikan susu formula yang terbaik untuk si kecil. Perhatikan beberapa hal agar si kecil tetap aman dan sehat. Berikut tips memilih susu formula tinggi protein untuk anak di bawah 5 tahun:

  1. Perhatikan Jenis Susu Formula

Pahami dahulu kondisi si kecil apakah memiliki alergi terhadap suatu makanan atau zat. Mayoritas susu formula memang terbuat dari susu sapi, tapi jika si kecil memiliki alergi terhadap laktosa atau protein susu Anda bisa jenis susu lain.

Ada beberapa jenis susu formula yang bisa diberikan pada anak yaitu jenis susu kedelai, suus sapi, susu hipoalergenik, susu bebas laktosa, dan susu UHT.  Jadi Anda bisa memilih susu sesuai kondisi anak.

  1. Sesuaikan Susu dengan Usia Si Kecil

Susu formula memang tersedia untuk usia 0-5 tahun. Tapi bukan berarti si kecil bebas diberikan sembarang susu. Karena setiap usia anak memiliki kebutuhan nutrisi yang tak sama dan kandungan nutrisi pada susu untuk usia satu dan lainnya berbeda. Misal kandungan susu tinggi protein untuk bayi 6 bulan berbeda dengan anak  3 tahun.

  1. Perhatikan Kandungan Protein yang Terkandung

Nah, point penting yang benar-benar harus diperhatikan adalah komposisinya dan kandungan proteinnya. Merk susu apapun yang dibeli, jangan lupa untuk memerika kandungan proteinnya. Perhatikan juga kandungan lainnya, terutama untuk anak yang memiliki alergi terhadap sesuatu.

  1. Sesuaikan dengan Selera Anak

Biasanya suatu brand susu anak akan mengeluarkan produknya dalam beberapa varian. Untuk susu formula bagi bayi di bawah 2 tahun biasanya hanya menyediakan varian rasa madu, vanila, dan pisang.

Sedangkan untuk susu anak di atas 2 tahun, varian rasanya akan semakin banyak seperti varian rasa coklat, alpukat, strawberry, dan rasa buah-buahan lainnya.

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Tubuh Anak

Kondisi fisik dan aktifitas setiap anak tentu berbeda, ada yang sangat aktif, ada yang suka diam, ada yang sulit makan, ada yang overweight, berat badan kurang, dan kondisi lainnya.

Nah, orang tua yang mengetahui kondisi tersebut bisa menyesuaikan susunya sesuai dengan kondisi si kecil. Misal untuk anak terlalu kurus, bisa memberikan susu tinggi kalori dan protein untuk menambah berat badan. Begitu juga dengan susu khusus si kecil yang memiliki suatu alergi.

Demikian tips memilih susu tinggi protein untuk bayi hingga anak usia 5 tahun. Setelah tips tersebut dilakukan, jangan lupa untuk untuk memperhatikan tanggal Expired-nya ya Bund.