3 Manfaat Kesehatan Minum Susu untuk Lansia

3 Manfaat Kesehatan Minum Susu untuk Lansia

Di Indonesia, minum susu di anggap sebagai kebiasaan yang identik untuk anak-anak, hal ini di karenakan susu di anggap sebagai salah satu sumber makanan dan minuman yang mampu mendukung dengan baik tumbuh kembang anak. Padahal sebenarnya susu tidak ada salahnya di konsumsi dari anak-anak hingga usia lanjut, karena ini akan menjaga tulang, kondisi tubuh lebih kuat dibandingkan orang tua yang tidak minum susu. Di kalangan lansia susu juga sangat membantu melengkapi nutrsi untuk lansia yang memiliki nafsu makan rendah. Lalu sebarapa sering atau seberapa banyak lansia boleh mengkonsumsi susu? Ingin tau lebih detail, simak ulasan berikut ini.

Salah satu sumber vitamin D dan Kalsium terbesar yang ada di dunia ini adalah susu yang menjadi minum yang sudah kita kenal sejak lahir. Untuk membuat pembentukan tulang yang kuat serta otot yang baik kedua zat gizi tersebut ada faktot penentu yang sangat penting.

Nah kalsium itu baik untuk meningkatkan kesehatan tulang untuk orang yang sudah masuk ke usia lansia, di dukung dengan vitamin D yang membuat proses penyerapan kalsium menjadi lebih cepat dan meningkat. Tulang yang ringkih dan mudah patah itu di sebabkan oleh minimnya Vitamin D sehingga kondisi tulang menjadi lebih tipis.

Susu nutrisi untuk orang tua itu memiliki berbagai manfaat yang bisa di simak dibawah ini

  1. Mencegah terjadinya osteoporosis

Osteoporosis sebenarnya bukanlah bagian dari penuaan, jadi penyakit ini bisa terjadi pada orang usia berapapun tidak hanya lansia. Cuma karena sistem imun lansia itu rentan sekali maka akan lebih mudah terkena osteoporosis.

Pada umumnya wanita lebih mudah untuk terserang kondisi osteoporosis ketika sudah memasuki masa menopause. Sedangkan ketik hormon testosterone pada laki-laki sudah menurun maka lebih mudah mengalami kondisi osteoporosis. Oleh sebab itu minum susu adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Karena pada susu terdapat Vitamin D dan Kalsium yang membuat tulang menjadi lebih kuat dan padat. Miniman sehari mengkonsumsi susu yang rendah lemak dengan kandungan whey protein.

  1. Menjaga Jantung tetap sehat

Kalsium dan Vitamin D secara umum yang kita pahami adalah untuk membuat otot menjadi lebih kuat, tapi sebenarnya di susu juga terdapat kalium yang membuat jantung tetap dalam kondisi baik. Kalium ini membuat tekanan dara pada lansia tetap kondisi normal.

  1. Mencegah terjadinya osteoarthritis

Osteoarthritis bisa di bilang salah satu penyakit yang menjadi langganan umum para lansia. osteoarthritis merupakan salah jenis dari penyakit radang sendi yang mucul karena minimya mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin D, Kalsium dan Kalium. Oleh sebab itu sangat baik minum susu untuk mencegah atau memperlamat terjadinya osteoarthiritis.

Pada umumnya tidak ada patokan khusus berapa jumlah susu yang harus di konsumsi pada satu hari. Tapi ada baiknya jika untuk lansia 1 saja dalam sehari untuk menghindari rasa bosan minum susu.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *